Free Automatic Backlink

Free Automatic Backlink for Blog and Website This is a free, fast, and simple immediate automatic backlinks for optimizing your web page on search engines result. Welcome to Backlink Lists | Free Automatic backlinks Exchanges a free automatic backlinks generator service, free auto backlinks this website offer free auto backlinks service for blogger or web owner who want to get instant backlink for their blog or websites. We know how important is SEO to increase traffic, pagerank, and alexa rank.
LENTERA HATI MENATA HATI Link Exchange/Tukar Link.

Author: Lentera Hati
•18.49
 
Menjamak Shalat Tanpa Sebab

Pertanyaan: Apakah dibolehkan menjama’ sholat tanpa ada udzur. Dan apakah shahih hadits yang dikatakan seseorang, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjama’ shalat tanpa sebab takut dan tanpa sakit. Saya berharap penjelasan tentang yang demikian, semoga Allah memberkahi anda.

Jawaban: Menjama’ shalat tanpa udzur tidaklah dibolehkan dan tidak shah shalatnya, karena berarti ia shalat bukan pada waktunya tanpa ada udzur syar’i. Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. an-Nisa: 103).

Dan menjama’ shalat itu dibolehkan karena udzur syar’i seperti sakit dan safar (dalam perjalanan) dan demikian juga menjama’ shalat antara shalat maghrib dan isya karena hujan dan lumpur becek, inilah udzur yang dibolehkan untuk menjama’ shalat dua shalat, adapun menjama’ shalat tanpa udzur maka ini tidak dibolehkan dan tidak shah shalatnya jika ia melakukanya, adapun hadits yang disebutkan (dalam pertanyaan) maka lafadzhnya yang benar diriwayatkan dalam dua riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, “bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjama’ shalat tanpa sebab takut dan safar” [Diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya] dan dalam riwayat lain “tanpa sebab takut dan hujan” [diriwayatkan Imam muslim dalam shahihnya].

Adapun lafadz yang disebutkan penanya maka ini tidak ada riwayatnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa menjama’ shalat tanpa takut dan tanpa sebab sakit, ini tidak ada riwayat yang menyebutkan (lafadz) sakit dalam hadits, dan yang ada diriwayatkan hanyalah “tanpa sebab takut dan tanpa safar” [Diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya]. Dan dalam riwayat lain, “Tanpa sebab takut dan tanpa sebab hujan” [Diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya].

Dan ulama’ dalam memahami hadits ini terbagi dalam beberapa jawaban (pendapat):
- Sebagian mereka (ulama) ada yang tawaquf dalam memaknai hadits tersebut dan berkata bahwa hadits tersebut tidak nampak jelas maknanya.
- Dan sebagian ulama lainnya membawa pengertian hadits tersebut kepada jama’ shuri, dan inilah yang didukung oleh asy-Syaukani dalam Nailul Authar, dan jama’ shuri maknanya adalah mengakhirkan shalat pertama kepada akhir waktunya dan menyegerakan shalat kedua pada awal waktunya kemudian dia melakukan shalat keduanya secara jama’, yang satu diakhir waktunya dan yang satu lagi diawal waktunya dan inilah yang dinamakan jama’ shuri. Dan inilah makna yang shahih dan pendapat inilah yang didukung oleh asy-Syaukani dan didukung oleh selainnya dalam memaknai hadits diatas bahwa yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah jama’ shuri.
- Dan sebagian ulama ada yang membawakan hadits “Tanpa sebab takut dan tanpa safar” [Diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya] atau hadits “Tanpa sebab takut dan tanpa hujan” [Diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya] bahwa makna hadits-hadits tersebut adalah menjama’ shalat disebabkan sakit karena udzur-udzur yang dibolehkan menjama’ shalat itu ada 4 (empat): terkadang karena takut, sakit, safar dan terkadang karena hujan. Oleh karena itu jika disebutkan “tanpa sebab takut dan tanpa sebab safar” atau “tanpa sebab takut atau tanpa sebab hujan” maka tidaklah tertinggal kecuali karena sebab sakit, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjama’ shalat karena sebab sakit, dan bagi orang yang sakit dibolehkan juga untuk menjama’ shalatnya jika ia khawatir tidak dapat memperoleh shalat berjamaah karena kesulitannya.
|
This entry was posted on 18.49 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

Free Automatic Backlinks Exchanges

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link LENTERA HATI MENATA HATI Link Exchange/Tukar Link. dibawah ini ke blog anda setelah itu klik linkLENTERA HATI MENATA HATI dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya

Top Ereferrer

Backlink Site

Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia. CHANNEL---TV---DESA PATIKRAJA Desa Patikraja.Aminah Setiyaningrum Form Link Exchange/Tukar Link.SERIBU KAWANbacklinkgratis4ufreebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uFree Automatic Linkiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaechange de liensseribusayangDAHOAM Free Backlinksbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZYUnlimited BacklinkFree Automatic LinkFree Automatic Link4905GOBLOGANEKA VIDEOFree BacklinksBacklink ExchangeCalendario BiblicoFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Automatic LinkFree Automatic LinkFECEBLOG 4UIFree Automatic LinksangrajamayaIntercambio de enlacessurgawebEnlaces GratisFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic LinkbabulfatahFree Automatic Elvira Linksbacklinkgratis4uFree Automatic LinkFree Automatic LinkBUSANA MUSLIMFree BacklinksUnlimited Backlink ExchangeseribukatamutiaraUnlimited Backlink ExchangeTradiciones Peruanas de Ricardo PalmaAutomatic Backlink ExchangeFree Automatic LinkPlugboard Free Backlink ExchangeMariachi Backlink ExchangeWeb Link ExchangemajelisrasulullahText Backlink ExchangesLinkon Bedava - Free BacklinkText Back Links Exchangebedava - Free Backlink - www.linkdevi.comText Back Links Exchangesbedava - Free Backlink - www.v8link.com